Sabtu, 12 Februari 2011

Pengembangan Sapi Perah Di Kab. Sinjai

Desa Gunung Perak di Sinjai Barat adalah salah satu desa yang subur di Kabupaten Sinjai – Sulawesi Selatan. Desa ini berada di ketinggian seribu seratus meter dari permukaan laut, sehingga iklim di disini terasa sangat sejuk.
Sebagian besar penduduk desa ini yang berjumlah sekitar tiga ribu jiwa, mengandalkan mata pencaharian dengan menanam daun tembakau.
Mereka masih mengolahnya secara tradisional dan menjadi tembakau pilihan yang harganya cukup baik di pasaran. Pekerjaan seperti ini sudah rutin dan membuat mereka merasa hidup berkecukupan.
Namun tidak dengan Rajab. Sebelumnya, ia berternak sapi potong, kini ia beralih berternak sapi perah. Tidak banyak warga di desa yang melakukan ini, karena sama saja mengubah hidup seratus delapan puluh derajat.
Bayangkan, Rajab setiap hari harus membersihkan kandang dan enam ekor sapinya. Ini jauh berbeda dengan sapi potong.
Sembilan puluh persen warga di desa ini masih berternak sapi potong. Sekilas lebih mudah, namun hasilnya juga tidak seberapa.Hanya saja, Rajab, tidak mau menyebutkan besar keuntungan yang ia dapat.
Rajab kini, menjadi motor penggerak di desanya. Sebagian tetangganya, mulai mengikuti jejak ayah dari tiga orang anak ini.
Usaha Rajab memang tidak mudah, karena sebagian besar masyarakat di sini, masih enggan untuk beralih ke ternak sapi perah, karena terbatasnya lahan rumput untuk pakan-nya.
Rajab sebaliknya sudah mulai memetik hasilnya. Susu perahannya ia jual ke koperasi susu milik pemerintah. Di sini, susu murni Rajab disterilkan agar bisa bertahan lama, lalu dikemas menjadi produk susu segar dengan rasa coklat dan strawberry.
Rajab dan segelintir warga di Desa Gunung perak di Sinjai Barat, adalah potret dari sebagian masyarakat yang berani untuk mencoba sesuatu yang belum lazim di daerahnya. Tentunya Rajab membutuhkan dukungan besar, karena biasanya langkah besar dimulai dari langkah yang kecil.
Sumber: http://www.indosiar.com/ragam/57046/rezeki-dari-sapi-perah

2 komentar:

IKAH DISPERINDAG mengatakan...

wah kebetulan dinda sekarang lg pengembangan industri ramah lingkungan ( Program utama provinsi sul-sel,sering2 aja ngangkat potensi daerah kita moga bisa lebih berkembang nantinya, yang msk daftar utamanaya SUSIN (program agro industri)

YUDI ARIANTO mengatakan...

InsyaAllah kak... !!! kalau butuh bantuan tentang Sinjai Barat Silahkan Contact saya Lewat FB Yudi Arianto Latief

Posting Komentar